Mesin Jahit Brother CP-7500

Aku membeli mesin jahit ini setelah membaca banyak review tentang berbagai macam mesin jahit. Aku tadinya berada diantara tiga pilihan mesin jahit Brother CP-7500, Brother CS6000i, dan Singer 7442.

Pengalaman ku:

Aku sudah pernah menggunakan sebuah mesin jahit sebelumnya (pada saat sekolah menengah atas disebuah kursus menjahit yang sudah tidak lagi aku ingat) yang masih mengunakan mesin jahit model lama, sangat jauh berbeda dengan yang aku cari karena aku menginginkan sebuah mesin jahit yang lebih modern dan menggunakan komputer.

Target ku:
  • Aku ingin menjahit sebagai sebuah hobi, tapi tidak tahu apakah aku akan menggunakannya secara konsisten. Tapi aku tahu setidaknya aku akan menggunakannya untuk project-project kecil dan memperbaiki atau memodifikasi pakaian.
  • Aku tidak ingin mesin jahit termurah yang ada diluar sana, tapi aku juga tidak membutuhkan fitur-fitur yang paling mahal.
  • Aku ingin mesin jahit tersebut bisa melakukan hal-hal yang mendasar dengan mudah, tapi tetap memberikan ruang pada ku untuk belajar dan berkembang.
Mesin jahit ini sesuai dengan kebutuhan ku. Aku mampu untuk memasukkan benangnya dan mulai menjahit dengan lebih cepat untuk memperbaiki setumpuk pakaian bermasalah yang kami miliki. Aku juga bisa mencoba beberapa project. Aku cuma mengalami masalah dengan satu project dimana lapisan yang ingin aku jahit ternyata terlalu tebal dan bahannya elastis.

Setelah membaca lebih banyak, itu mungkin karena aku menggunakan kaki penahan dan jarum yang salah untuk membuatnya bisa bekerja dengan benar. Jadi aku rasa ini adalah kesalahan user dan bukan kesalahan mesin jahit ini. Aku sudah bisa menjahit kancing yang terlepas, memperbaiki pakaian yang robek, dan lain-lain.

Keunggulan:
  • Mudah untuk di set up dan digunakan dengan cepat. Petunjuknya cukup bagus bagi seseorang seperti aku yang bahkan tidak tahu dari mana memulainya.
  • Bisa melakukan semua hal dasar dengan cukup baik, dan disertai dengan banyak komponen ekstra (kaki penahan, sekoci ekstra, dan lain-lain) yang biasanya perlu dibeli secara terpisah.
  • Memiliki banyak model jahitan, dan semuanya tampak bisa bekerja dengan baik. Harapkan untuk bisa bersenang-senang dengan mesin jahit ini.
Kelemahan:
  • Mesin jahit ini membutuhkan sekoci khusus yang lebih tinggi dibanding sekoci pada umumnya. Aku mencarinya di toko lokal tapi tampaknya mereka tidak menjualnya. Aku akan membelinya secara online - tapi secara umum mesin jahit Brother tampaknya jauh lebih sulit untuk menemukan spare part nya di toko-toko lokal.
  • Lampu LED nya tidak benar-benar terang. Aku harus menambahkannya dengan lampu ekstra di tempat aku bekerja agar bisa melihat dengan jelas apa yang sedang aku kerjakan saat sedang mengerjakan bahan dengan warna yang sama dengan benangnya.

Secara keseluruhan, aku rasa mesin jahit ini sangat bagus. Ini adalah sebuah mesin jahit portable yang modern tapi tetap terasa dibuat dengan baik dan tahan lama. Mesin jahit ini fit dengan kebutuhan ku dan aku masih mencari project-project lain untuk dikerjakan dengan mesin jahit ini.