Mesin Jahit Janome 8050

Aku sangat menyukai mesin jahit Janome ini. Aku membelinya dalam kondisi baru dari Hancocks beberapa minggu yang lalu dan semuannya dalam kondisi 100% baru. Aku membeli mesin jahit Janome 8050 ini secara khusus karena speed kontrol dan tombol on/off nya yang aku tahu aku harus lebih dulu belajar untuk membiasakannya. Anda harus membayar beberapa ratus dollar untuk mendapatkan sebuah mesin jahit standar dengan fitur-fitur seperti ini.

Mesin jahit portable ini berukuran sama, baik tinggi maupun panjangnya dengan mesin jahit lama ku MC300, tapi lebih ringan. Terdapat sebuah kabel extension yang dibuat secara khusus untuk model ini, yang akan sangat aku rekomendasikan jika anda bekerja dengan item-item yang lebih besar. Aku sudah membaca manualnya beberapa kali dan manual tersebut disusun dengan baik, instruksinya jelas dan gambarnya mencakup semua yang perlu diketahui.

Aku mulai membuat sebuah contoh dari semua model jahitan untuk digunakan sebagai referensi, dan semua modelnya bisa berfungsi dengan baik, termasuk lubang kancingnya. Aku sudah menggunakan mesin ini untuk menjahit sebuah selimut. Aku menggunakan Janome darning foot reguler yang bisa berfungsi dengan baik.

Dengan mesin ini, aku bisa melakukan freemotion lettering terbaik yang pernah kulakukan dibanding sebelumnya, karena aku bisa mendapatkan sebuah kecepatan lambat yang konsisten, yang berarti aku bisa menjahit dengan kecepatan konsisten di dalam text.

Anda akan perlu untuk bermain-main dengan speed controlnya, dan banyak berlatih untuk melihat kecepatan mana yang terbaik untuk anda, karena anda harus bergerak cepat untuk menghentikan gerakannya pada tempat yang tepat.
Setiap kali anda ingin menggunakan kecepatan super slow tanpa mengubah dial kecepatannya, teruslah menekan tombolnya. Saat anda berada di dekat ujung dari sebuah kelim, anda bisa benar-benar melambatkanya dengan cara menahan tombol tetap tertekan, sampai anda benar-benar siap untuk berhenti, kemudian melepaskan tombolnya, maka mesin akan berhenti.

Anda juga bisa memulai dari yang super-slow, dengan menahan tombol sampai anda siap untuk menambah kecepatan, kemudian lepaskan tombolnya. Cara ini akan memberikan anda jauh lebih banyak kontrol terhadap jahitan, mirip seperti saat menggunakan pedal.

Terdapat beberapa kekhawatiran terhadap penahan kaki yang terbuat dari plastik. Anda tidak harus membeli sebuah penahan kaki yang terbuat dari besi, untuk menggunakan kaki Janome lainnya, karena sebagian besar bisa saling dipertukarkan.

Kaki mesin jahit Janome ku yang lain diselipkan pada sebuah penahan plastik yang bentuknya persis seperti yang disertakan pada mesin jahit ini, sedangkan kaki yang datang dengan mesin jahit Janome 8050 ini diselipkan pada penahan yang terbuat dari besi dan bisa digunakan pada mesin jahit lain.

Tampaknya Janome merancang 1-piece plastic holder yang solid ini, agar kaki-kaki standar bisa dibongkar pasang sebagai cara untuk sedikit menghemat biaya, dimana mereka bisa menawarkan manfaat yang mengagumkan ini tanpa harus merusak kualitasnya. Aku rasa penahan ini tidak akan harus diganti karena tidak dibuat dari bahan plastik yang murahan.

Aku memang menemukan 3 dari kaki khusus untuk Janome yang tidak fit pada penahan kaki yang terbuat dari plastik yang disertakan dengan mesin jahit ini. Sebagian besar kaki mesin jahit Janome akan bisa digunakan. Tapi kaki-kaki yang datang dengan kaitan paku pada bagian belakang - metal ekstra secara parsial menghalangi slot dari penahan plastik.

Yang pertama adalah kaki 1/4 inchi dengan pemandu metal pada sisi yang ditandai dengan hurup "O." Pemandu ini dihubungkan dengan dua kaitan pada bagian belakang yang memanjang kearah tengah dan menghalangi plastik untuk bisa di dudukan dengan benar. Jadi jika anda ingin menggunakan kaki ini anda akan perlu membeli metal snap-on holder. Pastikan anda membeli yang asli dari seorang dealer Janome, berhati-hatilah agar tidak membeli yang tiruan dengan harga murah karena kaki tersebut akan goyang dan tombol pelepasnya lebih kecil sehingga sulit untuk ditekan.

Kaki lainnya yang tidak akan masuk pada penahan plastik adalah blind hem foot "G" yang memiliki sebuah metal pemandu dibagian tengah dari kaki, yang dikaitkan dengan cara yang sama tapi pada sisi yang berbeda. Yang terakhir adalah kaki zigzag "A" yang memiliki ulir pada sisinya. Ulir ini menghalangi jalur agar kaki plastik bisa diselipkan. Terdapat variasi lain dari Janome A yang tidak memiliki ulir.

Jika anda mengunjungi website Janome dan melihat ke bagian aksesoris, maka anda akan menemukan tiga kaki O, G dan A ini, lalu lihat apa yang aku maksudkan dengan metal ekstra pada bagian belakang yang menutupi bagian dari slot.

Aku tidak akan pernah membeli mesin jahit selain Janome setelah membaca banyak review tenang setiap merek atau model mesin jahit yang ada diluar sana dan menggunakannya selama 10 tahun terakhir.
Ini adalah mesin jahit ke 6 yang aku beli, termasuk satu untuk keponakan ku agar dia bisa belajar menjahit. Dua mesin jahit sebelumnya hilang akibat tertiup angin tornado yang kemudian diganti dengan model yang sama persis, tanpa pernah mengalami kesulitan apapun dari semua mesin jahit tersebut.

Bahkan, salah satunya berhasil aku selamatkan dari reruntuhan lalu membersihkannya, mengalami beberapa lecet tapi masih tetap bisa berfungsi seperti baru. Jadi seberapa tangguh mesin jahit merek  lain? Bakan model-model terbaru yang menggunakan komputer?

Menurut pendapat ku, anda tidak mungkin salah dengan mesin jahit Janome manapun.