Mesin Jahit Singer 160 Anniversary Limited Edition

Sudah berbulan-bulan, aku mengagumi mesin jahit ini dari kejauhan, sampai mesin jahit Brother ku yang terpercaya, menyerah. Aku menjahit untuk mencari nafkah sebagai bagian dari bisnis ku, dan aku berada pada mesin jahit selama minimal beberapa jam hampir setiap hari.

Aku merasa enggan untuk untuk membeli sebuah mesin jahit Singer yang baru. Mesin jahit baru ku yang pertama adalah Singer Talent, tapi aku tidak suka menggunakannya. Mesin jahit tersebut selalu tersangkut, jika anda menekan pedalnya secara terus menerus. Suaranya sangat berisik.

Hal-hal tersebut membuat ku merasa tidak tenang saat membeli model anniversary ini, tapi bentuknya begitu cantik, aku jadi tidak bisa menahan diri.
Saat mesin jahit ini tiba, aku begitu gembira sehngga langsung mencobanya. Bentuknya begitu indah. Bahan plastiknya berkualitas tinggi dan solid, dan mein jahit ini berpenampilan super cantik. Satu-satunya kelemahan adalah pedal kakinya, yang terlalu kecil dan ringan, jadi sulit untuk menaruh kaki anda diatasnya dan menahannya agar tetap ditempat. 

Saat dinyalakan mesin jahit ini berkedip dan mengeluarkan suara beep-boop seperti sebuah robot. Aku lebih menyukai mesin-mesin jahit mekanik dibanding yang menggunakan komputer, karena ada lebih sedikit kemungkinan untuk mengalami masalah, tapi yang ini adalah jenis yang cool dan tidak berlebihan.

Aku sudah memilikinya selama beberapa minggu dan selalu menggunakannya. Model jahitan pertama setelah anda menyalakan mesin ini adalah selalu lambat, seperti berjalan kaki. Tapi hasil jahitannya memang indah.

Aku belum pernah mengalami masalah apapun dengan tekanan atau jahitan yang tidak akurat. Aku bisa mengerjakan suatu project dengan benar-benar cepat, karena aku tidak perlu lagi memperbaiki apapun. Perbedaan antara model-modelnya benar-benar keren, dan anda bisa mengganti-ganti modelnya hanya dengan menyentuh sebuah tombol.

Mesin jahit ini bisa menjahit berbagai jenis bahan, dan memiliki model-model jahitan untuk kain yang elastis, sutra, dan lain-lain. Aku tidak akan merekomendasikannya untuk kain-kain yang tebal, karena akan sedikit tersangkut saat menembus beberapa lapis kain.

Aku sangat menyukai betapa mudahnya untuk memasang benangnya. Anda cuma perlu memasukkan sekocinya. Anda tidak harus menarik benangnya. Dan anda cuma perlu menarik benang keatas melewati slotnya kemudian langsung ke jarum. Keren banget!

Memang membingungkan saat pertama kali mencobanya, tapi sebenarnya sangat simple. Satu-satunya kelemahan adalah kumparan sekocinya bukanlah yang terbaik. Benangnya berjuntai disekitarnya dan bisa tersangkut. Tapi itu tidak masalah, yang penting bisa tetap berfungsi.

Hal tersulit untuk dibiasakan adalah fitur auto up needle nya. Aku rasa itu karena mesin jahit ini sudah dikomputerisasi, jadi jarumnya harus naik ke atas saat anda sudah selesai menjahit. Bagian yang buruk tentang hal ini adalah terkadang mesin ini terus saja menjahit setelah anda mengangkat kaki dari pedal.

Itu menyebabkan aku untuk sering menghentikan jahitan ku, dan sangat mengganggu ku. Pertama kali aku menggunakannya aku bahkan mempertimbangkan untuk mengembalikannya. Tapi lama-lama aku jadi terbiasa, dan sudah belajar untuk bisa menerimanya, dengan lapang dada.

Hal lain yang perlu dibiasakan adalah tombol mundur. Anda harus menahan kaki pada pedal sebelum dan setelahnya. Jika anda melepaskan kaki dari pedal, akan menyebabkan mesin terhenti, dan butuh beberapa menit untuk mulai berjalan lagi. Selain itu gerakan mundurnya juga super lambat. Ini juga mengganggu ku, tapi aku sudah mulai terbiasa.

Kritik terbesar adalah fitur-fitur komputerisasi yang tampaknya memperlambat fungsi-fungsi mesin. Tapi begitu anda menggunakannya beberapa kali, hal-hal baik mulai mengalahkan hal-hal yang mengganggu.

Secara keseluruhan aku merasa puas dengan pembelian ku. Mesin jahit ini cukup halus suaranya, kokoh, dan berfungsi. Kualitasnya sangat bagus untuk harganya. Akan tetapi, jika aku harus membelinya dengan harga originalnya, yaitu $600, maka aku sudah pasti akan merasa sangat kecewa.

Tapi karena aku mendapat diskon dan cuma membayar $340, maka untuk harga tersebut, ini adalah sebuah mesin jahit kecil yang luar biasa, yang sedang aku coba untuk menjadi jatuh cinta dengannya.

Aku akan menjahit beberapa kali lagi dengan mesin ini sebelum aku memutuskan apa yang akan aku lakukan dengannya. Aku sudah pasti akan merekomendasikannya. Jika anda sedang mencari sebuah mesin jahit yang simple, mudah digunakan, mesin jahit ini sudah pasti tidak akan mengecewakan.